26 Oct 2018

Universitas Negeri Padang Akan Anugerahkan Dr Hc ke Anwar Ibrahim

0 Comment

MCNews.ID, Kuala Lumpur – Universitas Negeri Padang akan menganugerahkan gelar kehormatan doktor honoris causa bidang politik pendidikan dalam program studi ilmu pendidikan kepada tokoh Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim pada Senin (29/10) jam 09.00 pagi di auditorium kampus setempat.

Ketua Perwakilan Gubernur Sumatera Barat dan Universitas Negeri Padang di Malaysia, Prof Dato Sri Dr. Alex Ong di Kuala Lumpur, Rabu (24/10), mengatakan pemberian gelar ini untuk menghargai ketokohan beliau, meningkatkan hubungan antara Malaysia dan Sumatera Barat khususnya dalam bidang pendidikan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi se-Sumatera Barat.

“Bukan itu saja banyak orang Minang memang ingin kenal dengan lebih dekat dengan Anwar Ibrahim karena selama ini hanya melihat dalam televisi dan media saja. Ternyata kunjungan Dato Seri Anwar Ibrahim ke ranah Minang adalah merupakan kali pertama dan sangat diharapkan oleh warna Minangkabau,” katanya.

Gubernur Sumatera Barat, Prof Dato Seri Dr. Irwan Prayitno menunggu kehadiran rombongan Dato Seri Anwar Ibrahim ke ranah Minang.

“Pemerintah Sumatera Barat sedang membuat persiapan yang baik untuk menyambut kedatangan Dato Seri Anwar Ibrahim dan rombongan dengan beberapa jadwal yang telah disiapkan termasuk menyambut dengan tarian kebudayaan dan juga menyusun tempat-tempat kunjungan beliau,” katanya.

Sehingga, ujar dia, Datuk Seri Anwar Ibrahim dapat melihat sebagian budaya serta sejarah Minang di beberapa titik wisata dan sejarah yakni di Istana Basa Pagaruyung, Istana Bung Hatta di Bukit Tinggi dan rumah puisi Taufiq Ismail dan beberapa objek wisata seperti panorama dan pasar atas Bukittinggi serta tempat sejarah yang lainnya.

“Bapak Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri Ph.d, juga menyatakan bahwa pemberian gelar Dr. (HC) kepada Dato Seri Anwar Ibrahim juga merupakan suatu upaya istimewa karena UNP sebelum ini juga pernah memberikan gelar Dr. (HC) kepada Presiden Wanita Indonesia yang pertama, Ibu Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan Presiden Republik Indonesia yang ke lima,” katanya.

Dato Seri Anwar Ibrahim juga dijadualkan memberikan kuliah umum kepada lebih 5.000 mahasiswa dan siswi yang telah diundang hadir termasuk sekitar 200 mahasiswa Malaysia yang sedang kuliah di Sumatera Barat.

“Persiapan telah diatur dengan rapi untuk menyambut kedatangan Bapak Reformasi Malaysia ke Padang. Promotor utama gelar Dr. (HC) yang diberikan ini adalah Bapak Fahmi Idris, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Perindustrian Republik Indonesia yang berusaha membawa Dato Seri Anwar Ibrahim untuk tujuan mendekatkan lagi Minangkabau dan mengenalkan bakal Perdana Menteri Malaysia ke delapan itu dalam ilmu pendidikan politik,” katanya.

Selain Dato Seri Anwar Ibrahim dalam rombongan beliau juga direncanakan disertai oleh Menteri Besar Negeri Sembilan serta jajaran pimpinan negara beberapa vice-canselor atau rektor dari universitas di Malaysia dan mitra UNP, Malindo MBCC Asia. (IMC03)

[top]